Hari Pahlawan

Hari pahlawan diperingati sebagai hari pahlawan untuk memperingati pertempuran surabaya antara nasionalis Indonesia dan sekutu . Pertempuran gerilya terjadi ketika Mayor Jenderal Robert Mansergh mengeluarkan ultimatum yang menyebutkan bahwa semua pimpinan dan yang bersenjata dari Indonesia harus melapor dan menyerahklan diri . Ultimatum itu ditolak oleh Indonesia karena Indonesia sudah berdiri dan TKR dibentuk sebagai pasukan Negara.Dan kemudian 10 November pagi tentara Inggris melancarkan serangan dan mendapat perlawanan dari Indonesia dan terjadilah perang gerilya.  Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai hari pahlawan.


Salah satu tokoh yang berperan besar adalah Bung Tomo,Waktu itu Bung Tomo berumur 25 tahun, pidatonya membakar semangat rakyat Surabaya untuk memberikan perlawanan.

.



Sebuah ungkapan terkenal menyatakan bahwa, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya. Dan Bangsa tanpa pahlawan sama artinya Bangsa yang tak memiliki sebuah kebanggaan. Jika sebuah bangsa tidak memiliki tokoh yang bisa dibanggakan, maka bangsa itu adalah bangsa yang tak memiliki harga diri. . 
.
Ungkapan tersebut menyatakan bahwa bangsa tidak ada tokoh yang dapat dibanggakan , bangsanya tidak memiliki harga diri . Kita bangga karena Indonesia memiliki banyak toko yang telah Memperjuangkan Indonesia sampai Merdeka , bahkan setelahnya . Karena kita mempunyai pahlawan yang kita banggakan , kita harus menghormatinya dengan sikap berikut



1 . Berani,yaitu berani dalam mengakui kesalahan , berani mengeluarkan pendapat , dll


2 . Membela kebenaran, seperti menolong orang lain , tidak melakukan perilaku tercela , dll



3 . Cinta tanah air , dengan bangga menjadi rakyat Indonesia , mengaharumkan nama bangsa .

4 . Menjaga persatuan dan kesatuan , dengan saling menghargai , memupuk rasa tanggung jawab , menjaga etika sosial dll

.
5 . Berjiwa besar , Tidak putus asa saat mengalami kegagalan berkali-kali , Bersedia minta maaf dan memaafkan segala bentuk kesalahan di lingkungan sosial

.
6 . Sikap pantang menyerah dan tahan penderitaan, misalnya terus memperbaiki diri dan belajar dengan rajin jika mendapatkan nilai ulangan yang tidak baik  nilai ulangan yang tidak baik .

.
7 . sikap bertanggung jawab dan perasaan senasib sepenanggungan dalam mengisi kemerdekaan, misalnya melakukan belajar bersama atau kelompok dengan siapa saja tanpa membedakan jenis kelamin dan keluarga

Dan lain lain

.
10 November 1945 adalah momen untuk mengingat sejarah perjuangan pantang menyerah para pahlawan. Lalu menanamkan semangat perjuangan tersebut kepada generasi muda untuk membangun bangsa di masa sekarang . 

.
Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih, merah dan putih maka selama itu tidak akan kita mau menyerah pada siapapun, ! ! Semboyan kita tetap, MERDEKA atau MATI .

.
Mari doa kita untuk para Pahlawan-Pahlawan Indonesia yang telah gugur mendahului kita. Semoga amal ibadah mereka diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa.

.
Terima kasih atas perjuangan mereka yang telah mengusir penjajah dari Negeri ini. Kami sebagai Generasi Bangsa, hanya bisa melanjutkan perjuangan kalian menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan semoga para Veteran yang tersisa, mendapatkan kehidupan layak dari pemerintah.


"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya." Pidato Ir. Soekarno





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eskul Di Labschool Rawamangun

Cara Praktis Menulis Buku